Merdeka melalui Pendidikan: Pendekatan Filsafat Pendidikan Kristen sebagai Proses Pembentukan dan Pembelajaran yang Transformatif

Reni Triposa

Abstract


Education has often been understood as merely a process of knowledge transfer without regard to the dimension of human liberation from various existential limitations such as ignorance, injustice, poverty, and loss of meaning in life. In this context, Christian education offers a transformative and holistic approach, rooted in a theological understanding of humans as imago Dei who are called to live in truth, love, and service. This paper aims to analyse the concept of Freedom through Education from the perspective of Christian educational philosophy and review its relevance to the implementation of the Merdeka Curriculum and Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) in Indonesia. This study uses a qualitative approach with a literature review method through a study of relevant theological, philosophical, and educational policy literature. The results of the study show that Christian education is a process of liberation that emphasises the integration of faith, knowledge, and action in forming people who are free in Christ. The concept of independence through education provides a foundation for character development, moral freedom, and social responsibility rooted in love and service. Thus, Christian education is expected to be a means of spiritual and social transformation that enables humans to live in truth and realise God's love in the context of Indonesian education.

 

Abstrak

Pendidikan selama ini sering dipahami sebatas proses transfer pengetahuan tanpa memperhatikan dimensi pembebasan manusia dari berbagai keterbatasan eksistensial seperti ketidaktahuan, ketidakadilan, kemiskinan, dan kehilangan makna hidup. Dalam konteks tersebut, Pendidikan Kristen hadir dengan pendekatan yang transformatif dan holistik, berakar pada pemahaman teologis tentang manusia sebagai imago Dei yang dipanggil untuk hidup dalam kebenaran, kasih, dan pelayanan. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis konsep Merdeka melalui Pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Kristen serta meninjau relevansinya terhadap implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka melalui kajian terhadap literatur teologis, filosofis, dan kebijakan pendidikan terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa Pendidikan Kristen merupakan proses pembebasan yang menekankan integrasi iman, pengetahuan, dan tindakan dalam membentuk manusia yang merdeka di dalam Kristus. Konsep Merdeka melalui Pendidikan memberikan fondasi bagi pengembangan karakter, kebebasan moral, dan tanggung jawab sosial yang berakar pada kasih dan pelayanan. Dengan demikian, Pendidikan Kristen diharapkan menjadi sarana transformasi spiritual dan sosial yang memampukan manusia hidup dalam kebenaran serta mewujudkan kasih Allah dalam konteks pendidikan Indonesia.


Keywords


Pendidikan Kristen; filsafat pendidikan; merdeka belajar; MBKM; Christian education, philosophy of education; independent learning

References


Abbott, Diana, and Ken Badley. “Pedagogy of the Oppressed: 50th Anniversary Edition.” International Journal of Christianity & Education, 2019, 205699711983792. https://doi.org/10.1177/2056997119837927.

Andrianti, Sarah. “Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen Sebagai Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Antusias, 2014.

Arifianto, Yonatan Alex, Reni Triposa, and Paulus Karaeng Lembongan. “Studi Alkitab Tentang Misi Dan Pemuridan Dalam Amanat Agung Dan Implikasinya Bagi Kehidupan Kristen Masa Kini.” Diegesis: Jurnal Teologi 5, no. 2 (2020): 25–42.

Boiliu, Noh Ibrahim, Robby Igusti Chandra, and Djoys Anneke Rantung. “Manusia Sebagai Subjek Dalam Merdeka Belajar: Interpretasi Atas Revolusi Kopernikan Immanuel Kant.” Kurios 8, no. 2 (2022): 400–410. https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.600.

Boiliu, Noh Ibrahim, Fransiskus Irwan Widjaja, Fibry Jati Nugroho, Harls Evan Siahaan, and Otieli O Harefa. “Pendididkan Humanis Sebagai Pendekatan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Sosial, Pendidikan Dan Agama Sebagai Pondasi Dalam Mewujudkan “Maju Bersama Kita Berjaya,” 741–58. Riau: Marpoyan Tujuh, 2020.

Boiliu, Noh, and Christina Samosir. “Manusia Sebagai Makhluk Moral Dalam Perspektif Teologia Pendidikan Johann Heinrich Pestalozzi.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 3 (2019): 187–97.

Bunga, Halida. “Nadiem Makarim: Merdeka Belajar Adalah Kemerdekaan Berpikir.” Tempo.Co, December 2019.

Cerino, Anna. “The Importance of Recognising and Promoting Independence in Young Children: The Role of the Environment and the Danish Forest School Approach.” International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education 51, no. 4 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03004279.2021.2000468.

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia. “The Importance of Education for the Future,” 2023.

Freire, Paulo. Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum International Publishing, 2000.

Habitat for Humanity Forword. “10 Benefits Showing Why Education Is Important to Our Society,” 2023.

Haynes, Joanna, Ken Gale, and Melanie Parker. Philosophy and Education: An Introduction to Key Questions and Themes. Philosophy and Education: An Introduction to Key Questions and Themes, 2014. https://doi.org/10.4324/9781315742151.

Herawati, Kristina. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak.” Scripta 2, no. 2 (2016): 56–67.

Hoekeman, Anthony A. Manusia Ciptaan Menurut Gambar Allah. Surabaya: Momentum, 2018.

Ismail, Muh. Ilyas. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 13, no. 1 (2010): 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4.

Jenri, Ambarita. Pendidikan Karakter Kolaboratif: Sinergitas Peran Keluarga, Guru PAK Dan Teknologi. Palembang: Inteligi, 2021.

Makkawaru, Maspa. “Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Konsepsi 8, no. 3 (2019): 116–19.

Marzuki badrul munir, nur ahid. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Seni Di Indonesia.” JoIEM 4, no. 2 (2023): 99–116.

Motlhaka, Hlaviso A. “Paulo Freire ’ s Critical Pedagogy in the Classroom : Promotion of Critica Thinking in South African English First Additional Language ( FAL ) Students Paulo Freire ’ s Critical Pedagogy in the Classroom : Promotion of Critical Thinking in South African E” 1122 (2017). https://doi.org/10.1080/09751122.2016.11890441.

Naibaho, Dorlan. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didik.” Jurnal Christian Humaniora 2, no. 1 (2018): 77–86.

Pramono, Eko, Lamirin Lamirin, Tejo Ismoyo, Susanto Susanto, and Komang Sutawan. “Upaya Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Nilai-Nilai Kemanusiaan Pada Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK) 4, no. 1 (2022): 9–20. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v4i1.60.

Raco, Jozef. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya,” 2018.

Rober F. Smith. “The Importance of Education: 10 Benefits to Change Your Life,” 2023.

Seprianus, Seprianus. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Dengan Konsep Merdeka Belajar.” Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan 4, no. 1 (2024): 17–29.

Setiawani, Mary, and Stephen Tong. Seni Membentuk Karakter Kristen: Hikmat Guru Dan Ayah Bunda. Surabaya: Momentum, 2003.

Sutikno, Agus. “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri.” Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY, no. 1 (2018).

Syukurman, Zebua. Sibernetik Dalam Kualitas Pembelajaran PAK. Klaten: Lakeisha, 2020.

Tanduklangi, Rinaldus. “Analisis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 47–58. https://doi.org/10.34307/peada.v1i1.14.

Tohir, M. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 1st ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2010.

Waruwu, Elfin Warnius, and Mortan Sibarani. “Analisis Visi Misi Guru Pak Dalam Konteks Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Perspektif Filsafat Pendidikan Kristen.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 1, no. 3 (2023): 1–22.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i2.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).