Meningkatkan Kompetensi Dosen Pendidikan Agama Kristen melalui Pendekatan Learning Community: Sebuah Studi Kualitatif

Ellya Nora Manurung, Andreas Jonathan, Eka Setyaadi

Abstract


This research explains strategy to improve teaching competency in the Christian Religious Education Study Program of STT Pantekosta Sumut Aceh Kabanjahe, a skill that teachers must demonstrate to achieve satisfactory learning outcomes. Using a qualitative case study approach, the data was collected through observation and in-depth interviews with 10 students from the PAK Study Program in their 6th and 8th semesters. The novelty of this study lies in its focus on strategies to improve the competence of PAK teachers in higher education institutions, a stage that has not been analyzed in previous studies. Findings indicate that equipping t to improve teaching competency is career development coaching, professional development coaching enhancing the capacity of educators and approaches to improving their skills. The application of the strategies from this study as a contribution to teachers is Teacher Learning Community for improve teaching to learn together and share experiences in order to achieve goals.


Abstrak

Penelitian ini menjelaskan strategi meningkatkan kompetensi pengajar di Prodi PAK STT Pantekosta Sumut Aceh Kabanjahe, suatu kemampuan yang harus ditampilkan oleh pengajar untuk mencapai hasil pembelajaran yang memuaskan. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif studi kasus, data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa Prodi  PAK semester 6 dan 8. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada fokus strategi meningkatkan kompetensi pengajar PAK di perguruan tinggi, sebuah tahap yang belum dianalisis dalam penelitian sebelumnya. Temuan menunjukkan untuk memperlengkapi tenaga pengajar agar berkompetensi adalah pembinaan pengembangan karier, pembinaan pengembangan profesi, meningkatkan kapasitas pendidik dan pendekatan peningkatan kemampuan pendidik. Penerapan strategi dari penelitian ini sebagai kontribusi bagi para pengajar  adalah Teacher Learning Community agar tenaga pengajar belajar bersama dan saling berbagi pengalaman demi mencapai tujuan.


Keywords


Kompetensi; pengajar; pendidikan agama Kristen; competence; educator; Christian Religious Education; Learning Community

References


Djamanaluddin Ahdar, & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Kaaffah Learning Center.

Febriana Rina Kompetensi Guru, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2019.

Hariroh Fiqih Maria Rabiatul, & Soleha Erin. (2022). Analisis Mediasi Kepuasan Mahasiswa Pada Pengaruh Kompetensi Dasen Terhadap Hasil Belajar. Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2723-701X).

Mahtumi Ibnu, Purnaningsih Ine Rahayu, & Purbangkara Tedi. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning) . Uwais Inspirasi Indonesia.

Masnur Muslich, , KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).

Miles Matthew B, & Huberman A Michael. (2009). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indoensia (UI-Press).

Murdiyanto, Penelitian Kualitati (Teroi dan Aplikasi disertai contoh Proposal), (Yogyakarta: Yogyakarta Press, 2020)

Pardosi, D. M., & Naibaho, D. (2023). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI SEBAGAI TUGAS KEPROFESIONALAN. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.62017/merdeka

Sirait Jannes Eduard, & Marbun Purim. (2022). Guru Profesi Inspiratif dan Menyenangkan Teori dan Acuan untuk Guru Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Andi.

Situmorang Jonar. (2021). Etika dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Alfabeta.

Teologi, G.-J., Pendidikan, D., Kristen, A., Hura, R., Hulu, Y., Sibutar-Butar, D., Studi, P., Pendidikan, S., Tinggi, S., Injili, T., Allah, A., Raya, J., Km, P., Mojokerto, K., & Alumni, A. : (n.d.). PENGARUH KEMAMPUAN DOSEN PRODI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENGOLAH PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PARA PESERTA DIDIK SEMESTER 7 PAK. Desember, 17(2), 73–88.

Teologi, J., Kristiani, P., Sofyan, F., Sekolah, Z., Teologi, T., Misi, A., & Barat, N. (2023). EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 120 EKKLESIA132) http://ojs.sttekklesiaptk.ac.id/index.php/ekklesia/index KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AGAMA KRISTEN UNTUK PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL (Vol. 1, Issue 2). http://ojs.sttekklesiaptk.ac.id/index.php/ekklesia/index

Undang-Undang Republik Indonesia, No.14. (2005).

Wau Yasaratodo. (2023). Profesi Kependidikan Edisi Revisi. UNIMED Press.

Wijaya Candra, & dkk. (2023). Managemen Pengembangan Kompetensi Guru. Umsu.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i2.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).